Mengambil mata kuliah tambahan?

//Mengambil mata kuliah tambahan?

Mengambil mata kuliah tambahan?

Ini artikel untuk kalian yang berminat untuk mengambil MATKUL semester-semester akhir lebih awal.

Penjelasan:

Di Unpatti, khususnya Prodi Bing, setiap periode perkuliahan mahasiswa hanya diperbolehkan mengambil maksimal 24 sks. Tata cara pengambilan sksnya sudah tersedia siakad.unpatti.ac.id dan biasanya setiap semester rata-rata jumlah SKS yg diambil itu 19-20 sks. Jadi sebenarnya masih ada sekitar 4-5 sks lagi yang bisa kalian ambil/tambahkan.

Syarat:

– IPK diatas 3.00

– SKS/MATKUL yg diambil berada di satu periode. Misalnya sekarang duduk di semester 3 (Ganjil), maka SKS/MATKUL yg bisa ditambahkan adalah MATKUL yang ada di semester 5 atau 7 (Ganjil juga) begitu juga sebaliknya.

– Dan pastinya total SKS yang diambil tidak boleh lebih dari 24 SKS.

Tata Cara:

– Setelah jadwal kuliah diumumkan, silahkan survey mata kuliah mana yang ingin diambil dan mau dikelas mana (terserah kalian bebas milih mau belajar di kelas mana). Sesuaikan sama jadwal kuliah kalian, jangan sampai bentrok. Jadwal mata kuliah bisa dilihat di BAAK atau MADING.

– Catat kode mata kuliah yg mau ditambahkan dan kelas dipilih.

– Kemudian konsultasi ke mentor mengenai mata kuliah tambahan yang ingin di

– Ketika mengisi KRS, isi seperti biasa, dan tambahkan mata kuliah yang di pilih secara online di SIAKAD.

 

Positif dan Negatif nya :

(+) kalian bisa lebih santai di semester akhir, saran mending tambah MATKUL yg ada di semester 6 atau 8. Kenapa?? karena si semester itu kita dapet PI sama skripsi,, kalo sebagian MATKUL udah kita ambil di semester4,, otomatis kita bisa lebih konsentrasi buat ngerjain PI atau SKRIPSI dan berpeluang beres lebih cepat 

( +- ) Jika salah ambil SKS atau ‘salah pilih kelas’ itu bisa menurukan nilai kalian dan alhasil akan pengaruh juga sama IPK kalian. Tapi jika nilainya bagus, akan membantu meningkatkan IPK juga. Kalaupun nilainya jelek, toh masih bisa di ulang.

( – ) Pastinya kalo nambah SKS, kalian pasti jadi lebih sibuk dibandingkan sama temen-teman yang lain.

TIPS :

– Jika memang benar ingin menambah SKS, jangan asal ambil tanpa tahu apa yg bakal dipelajari. (Cari SAP nya, atau googling tentang mata kuliahnya, at least harus tahu hal dasar mengenai mata kuliahnya).

– Tanya senior yang lain mengenai mata kuliahnya, lebih bagus kalau dapat materinya.

By | 2021-05-03T11:28:35+09:00 January 19th, 2021|Categories: Informasi|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment