Prestasi

/Prestasi
Prestasi 2021-04-05T14:54:51+09:00

Mahasiswa Berprestasi

Muhammad Randy – Mahasiswa Angkatan 2018

Menjadi mahasiswa tahun ke-3, Randy tidak hanya tekun dalam menjalani dan meraih nilai terbaik dalam studinya melainkan ia turut berpartisipasi dalam beberapa kegiatan yang membawa serta nama baik Program Studi, yakni; Finalis Debat Nasional GEMBIRA (Gebyar Mahasiswa Bidikmisi Nusantara) di Universitas Andalas tahun 2019, juga menjadi Peserta Seminar Nasional GEMBIRA dan Peserta Talkshow GEMBIRA di tahun dan tempat yang sama. Tidak hanya itu, ia juga mengambil cukup banyak kesempatan dalam kegiatan-kegiatan berbau akademik pada tahun 2019 dengan berpartispasi dalam Seminar Nasional Pendidikan di Universitas Negeri Semarang, Finalis Debat Pendidikan Nasional di Universitas Negeri Semarang dan Finalis Esai Ilmiah Nasional PROMISE (Culture Based Paper Competition) di Universitas Airlangga. Dengan meluasnya Pandemi COVID-19 ke Indonesia pada tahun 2020, tidak lantas membuat Randy berdiam diri. Ia turut mengambil peran sebagai Finalis Debat Nasional GEMBIRA (Gebyar Mahasiswa Bidikmisi Nusantara) di Universitas Lampung secara Online dan menjadi peserta PERMATA-SAKTI. Baru – baru ini, Randy kembali berkesempatan menjadi pengajar di salah satu sekolah yang ada di Kota Ambon dalam program Kampus Mengajar tahun 2021.

William G. Pattiwael – Mahasiswa Angkatan 2018

Willy atau Will merupakan mahasiswa yang gencar untuk berpartisipasi dalam program-program tertentu untuk mengasah kemampuannya dalam bidang akademik maupun non-akademik. Will pernah menjadi Finalis Duta Bahasa Provinsi Maluku pada tahun 2018. Ia juga berhasil meraih juara 2 Pidato Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Universitas Pattimura tahun 2019. Di tahun yang sama, ia terpilih sebagai Wakil 1 Putra The Natsepa setelah lulus beberapa tahap seleksi hingga terpilih menjadi salah satu dari 30 finalis Putra – Putri The Natsepa. Oleh The Natsepa Resort and Hotel, Will dan rekan-rekannya menjalani 1 minggu karantina dan menerima berbagai macam pengetahuan mengenai pariwisata Maluku, modelling dan juga pengetahuan umum lainnya. Tidak berhenti disitu, Will juga pernah menjadi Peserta Expo Festival Teluk Ambon pada tahun 2019. Sejalan dengan proses yang ia jalani menuju tingkat akhir dari studinya di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, sekarang ia terpilih sebagai salah satu Peserta Kampus Mengajar Angkatan 1 tahun 2021.

Yosita Aprillia Putri – Mahasiswa Angkatan 2018

Sebagai mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, bukan hanya aktif mempelajari teknik-teknik mengajar yang baik dan tepat, Yosita juga aktif dalam mengembangkan kualitas diri dalam bidang seni dalam beberapa event yang diselenggaran di luar Kota Ambon maupun di Kota Ambon sendiri. Yosita, mendalami bidang seni tari dan membuktikan dirinya pernah berpartisipasi sebagai penari dalam acara-acara bergengsi seperti Festival Pesona Lokal di Bandung tahun 2018 mewakili Kota Ambon, Calender of Event Ambon di Jakarta tahun 2018, Festival Teluk Ambon tahun 2016-2020, 2 Abad Christina M. Tiahahu 2018, Consulate of The RI & Darwin City Council tahun 2019. Selain itu, ia juga pernah berkesempatan menjadi Coach Dancer Lasqi Nasional tahun 2019.

Engel Laisina – Mahasiswa Angkatan 2017

Merupakan salah satu mahasiswa yang cekatan dalam hal studinya. Di tahun ke-4 masa perkuliahannya ini, ia telah menyelesaikan seluruh mata kuliah dan sedang dalam proses penyusunan Skripsi atau tugas akhir untuk menyeesaikan studinya di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Sejalan dengan studinya, ia juga aktif sebagai salah satu anggota English Debating Club Universitas Pattimura sejak tahun 2020 hingga sekarang. Selain itu, Engel dengan leluasa menyeimbangkan bidang akademiknya dengan kegiatan-kegiatan di luar Universitas Pattimura. Baik yang berbau akademik maupun sosial. Buktinya, Engel berhasil meraih juara favorit dalam lomba Penulisan Essay Museum Siwalima pada tahun 2020 lalu. Di tahun 2021, Engel terpilih sebagai salah satu delegasi Kota Ambon oleh School of ECO Diplomacy Maluku untuk membuat dan menyusun proyek lingkungan yang dapat diimplementasikan di daerah asal masing-masing delegasi.

Britshy R. Huka – Mahasiswa Angkatan 2017

Seiring dengan studinya, Britshy aktif dengan beberapa kegiatan dan program yang dapat meningkatkan kualitas diri juga untuk mendapatkan pengalaman kerja. Oleh karena itu, Britshy pernah menjadi Panitia Seminar Nasional English Language Teaching and Literacy of 4.0 pada tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Ia turut berpartisipasi dalam sedikit banyak mengurus dan mengatur jalannya Seminar Nasional tersebut agar tidak didapati hambatan dan kesalahan. Tidak hanya itu, Britshy berhasil mengembangkan pencapainnya setelah memenangkan Juara 3 Duta Bahasa Provinsi Maluku pada tahun 2020 lalu dengan niat dan tekad yang bulat serta gigih bekerja keras. Britshy juga merupakan salah satu mahasiswa yang terpilih sebagai Peserta Program Kampus Mengajar 2021, dimana ia mendapatkan kesempatan untuk mengajar di salah satu sekolah di Kota Ambon. Dalam bidang pariwisata, ia sukses meraih Juara Favorit Kegiatan Lomba Bedah Koleksi Museum Siwalima pada tahun 2020.

Dimas Husemahu – Mahasiswa Angkatan 2016

Di dalam studinya, Dimas termasuk mahasiswa yang rajin dan telaten. Di luar lingkup perkuliahan, Dimas berhasil menorehkan prestasi pada masa perkuliahannya. Dimas terpilih sebagai Delegasi Monas Master Class from Monash University-Australia, Jakarta tahun 2017. Di tahun yang sama, ia juga terpilih menjadi Delegasi Debat Nasional di Padang, Sumatera Barat. Tidak hanya itu, Ia melanjutkan partisipasinya dalam berbagai kegiatan lainnya di tahun 2018. Di antaranya, Dimas terpilih menjadi Runner Up Penerima Beasiswa Etos Terbaik Tingkat Nasional di Bogor dan Juara 2 hafidz Qur’an dalam Olimpiade Pemuda Kontributif di Semarang tahun 2018. Di tahun berikutnya, yakni 2019, Dimas semakin giat dalam memperluas wawasannya serta mengembangkan bakat juga pengetahuannya. Ia buktikan dengan beberapa pencapaian sebagai berikut; Juara 2 lomba debat ilmiah Al-Qur’an dalam bahasa Inggris tingkat Universitas, Pemenang Favorit Lomba Pemandu Museum Maluku, Ambon, Juara 2 Lomba Esai Bidikmisi Nasional, UIN Banten, Malaysian Trip, Support By Etos Scholarship, Kuala Lumpur serta Ia berhasil meraih juara pertama pada ajang Duta Bahasa Maluku. Kemenangan ini menghantarkan Dimas dan pasangannya menjadi Delegasi Duta Bahasa Maluku dalam ajang Duta Bahasa Nasional di Jakarta pada tahun yang sama. Pada tingkat Nasional, ia meraih gelar Duta Bahasa Teladan tingkat Nasional, Jakarta. Setelah meraih begitu banyak penghargaan dan juara, Dimas tidak lantas berhenti. Ia memperbaharui pengalamannya dalam kegiatan yang berbau akademik walaupun terhalang Pandemi COVID-19, yakni; Delegasi Reksa Bahasa Nasional, Jakarta dan juga berhasil memenangkan Juara 2 Nasional Essay Competition, Padang tahun 2020.

Anggelvania L. Kesaulija – Mahasiswa Angkatan 2016 

Sebagai seorang mahasiswi, Ian tidak hanya fokus dalam studinya, ia juga meluangkan waktu untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan. Hal ini Ian lakukan untuk mengembangkan kemampuannya dan juga menambah wawasannya serta menambah pengalamannya dalam bersosialisasi juga menghadapi tantangan. Sejalan dengan niatnya ini, Ian berhasil menjadi Juara 2 duta GenRe Maluku pada tahun 2017. Ian juga turut mengambil peran dalam Organisasi Mahasiswa dengan menjabat sebagai sekretaris PMK Program Studi Bahasa Inggris 2017-2018 dan Sekretaris Bidang 1 PMK Fakultas 2017-2018. Kemudian pada tahun 2019, Ian berhasil terpilih sebagai delegasi dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pattimura untuk program SEA TEACHER Batch 8 di Filipina. Dalam program ini, Ian mendapat kesempatan untuk memperbanyak pengalamannya dalam mengajar Bahasa Inggris di luar negeri. Kesempatan ini juga menjadi batu loncatan untuk Ian dalam hal mempercepat masa studinya. Setelah satu bulan menjalani masa mengajar sebagai seorang Pre-Service Teacher di salah satu sekolah menengah di Filipina, Ian sukses meraih penghargaan Excellent Teaching Performance at SEA TEACHER Batch 8.

Marcya Siahaya – Mahasiswa Angkatan 2016

Pada tahun 2019, Marcya bersama satu rekannya dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, terpilih untuk berpartisipasi dalam program SEA Teachers yang diselenggarakan oleh SEAMEO (Southeast Asia Ministers of Education Organization) untuk para mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Dengan kesempatan ini, Marcya menjadi pengajar Bahasa Inggris di Filipina selama satu bulan penuh. Ia juga berkesempatan untuk memperkenalkan Universitas Pattimura dan Indonesia selaku Universitas dan Negara asalnya.